Simple Game For Outbond

GAME OUTBOND

 
Tim work, keberanian, manajerial, kemandirian, cinta alam, kesabaran, dan lain sebagainya dapat diperoleh dari berbagai macam game-game outbond. Game outbond sebaiknya disiapkan secara matang dan juga memperhitungkan lokasi serta jumlah peserta. Game outbond idealnya dipimpin oleh satu orang fasilitator dan dibantu oleh asisten sebanyak jumlah kelompok yg ikut bermain.

Berikut beberapa game yang dapat digunakan :

1. Clip And Clep
Game ini dapat dimainkan pertama kali sebagai ice breaking (mencairkan suasana). Pada game ini para peserta berebut tempat (titik tertentu kalo meninggalkan titik tidak boleh kembali ketitik yang sama) secara melingkar ditengah terdapat titik sebagai penanya yang dapat bertanya dengan sembarang pertanyaan, misalnya “Siapa yang pernah naik mobil? (karena semua pernah naik mobil maka semua ke tengah, dalam hitungan ketiga oleh fasilitator harus kembali namun tidak ditempat yang tadi). Peserta yang tidak dapat tempat ke tengah jadi penanya berikutnya.

2. Membentuk Tim
Game ini ditujukan untuk membentuk tim2 dalam outbond, sebaiknya jumlah tim lebih dari 2 dan dalam satu tim beranggotakan 6 – 8 orang. Salah satu cara membentuk tim, dimana fasilitator sudah menyediakan kertas sebanyak jumlah anggota, kertas itu bisa dituliskan nama binatang sebanyak jumlah tim yang kan dibentuk, masing2 anggota diminta bersuara seperti binatang tersebut untuk menemukan temannya. Game ini bisa dimodifikasi dengan berbagai alternatif lainnya.

3. Dragon Ball
Game mencari kelereng dalam lumpur, peserta sebagai tim disuruh untuk mencari beberapa kelereng dalam jumlah tertentu yang sudah dilempar.

4. Botol Bocor
Peserta disuruh untuk mengisi air di botol yang bocor dengan berbagai titik lobang dengan menggunakan anggota tubuh, sehingga mereka berusaha untuk menutupi lobang itu secara tim.

5. Jaring Bola
Peserta diminta bekerja sama dalam tim untuk menjaring bola dalam air dengan menggunakan jaring dari tali rafia yang memiliki kelonggaran bervariasi.

6. Gembala Sapi
Peserta ditutup matanya kecuali satu sebagai gembala, si gembala memberikan kode tepukan yang telah disepakati bersama untuk melewati rintangan yang telah disediakan.

7. Menebak Angka
Peserta diminta menebak secara berurutan 10 angka yg diperagakan oleh 1 orang anggota timnya.

8. Membuat Bangunan
Peserta secara berkelompok diminta membuat sebuah bangunan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekelilingya dalam jangka waktu 15 menit dan setelah selesai peserta diminta mempresentasikan apa yang sudah dibuatnya.

9. Amoeba Race
Semua peserta/tim bergabung menjadi satu, membentuk lingkaran besar, kemudian di dalam lingkaran besar ada lingkaran kecil, kemudian didalam lingkaran kecil tadi ada lingkaran lagi yg menyerupai amoeba. Setelah itu diminta berjalan tanpa merusak bentuk hingga batas tertentu kemudian diminta membelah menjadi dua seperti amoeba yang membelah diri dan setelah membelah jadi dua diminta adu cepat mencapai garis finish.Game ini ada baiknya dicoba dulu oleh fasilitator dan asistennya, sehingga yang fasilitator dan asisten dapat mengerti teknik membawakan game ini. Setiap akhir sebuah game, para peserta dapat ditanya pendapatnya tentang pelajaran yang bisa diambil dari game yang baru saja diikuti.

Nih ada beberapa game lagi :

1. Mumi Hidup
Tiap tim peserta mendapat 2 kertas tissu gulung. Lalu sebagai tim, mereka membalut tubuh salah 1 anggotanya, tim yang paling cepat selesai dan hasilnya paling bagus lah yang menang. Kalo bisa kertas gulungnya yg mudah terputus, sehingga gamenya jadi lebih seru.

2. Balon Racing
Tiap tim mendapat 1 balon dan tugas mereka berlomba membawa balon melewati track/jalur yang telah disediakan, tim yg paling cepat akan menang. Balon hanya boleh ditiup/dihembus saja dengan mulut dan tidak boleh menggunakan anggota badan lainnya.

3. Ular Buta
Anggota tim berbaris sambil memegang pundak temannya yang didepan. Semuanya ditutup matanya, kecuali yang paling belakang. Tim kemudian diminta berjalan sesuai arahan dari anggota yg tidak ditutup matanya tersebut. Tim dapat diminta untuk mencari/ menuju suatu tempat, yg paling cepatyg menang.

4. Kompak Berdiri
Minta para anggota tim untuk duduk saling membelakangi dengan kaki berselonjor. Lalu minta mereka saling mengadu punggung untuk dapat berdiri secara serempak. Pemenang adalah tim yang berhasil berdiri dengan cepat dan kompak.

5. Pesan Berantai
Fasilitator harus terlebih dahulu menyiapkan kata2 nya. Misalnya masing2 tim terdiri dari 7 orang. Fasilitator membisikkan pada orang 1 dari tim itu 7 kata.HormatBersilaNangisMembacaMenunjuk ke langitDudukMengepalkan tanganOrang pertama melakukan hormat, lalu membisikkan 6 kata lagi pada orang kedua.Orang kedua bersila, lalu membisikkan 5 kata lagi pada orang ketiga, dan begitu seterusnya. Tim yang menang adalah tim yang melakukan instruksi secara benar dan cepat. Ini dapat dimainkan berkali2 dengan mengubah2 variasi instruksinya.

6. Kesan Pertama
Minta masing2 peserta menuliskan namanya di kertas HVS secara menurun, misalnya :ANTOLalu tempelkan kertas nama mereka itu di punggung mereka. Minta teman mereka menulis kepanjangan dari masing2 huruf tersebut. Misalnya peserta 1 menulis kepanjangan
huruf A traktif
Peserta 2 menulis kepanjangan
huruf N arsis
Dan begitu seterusnya
Sehingga di kertas di punggung ANTO sudah lengkap isinya, misalnya :
A traktif
N arsis
T inggi
O ke
Peserta diminta memberi tanggapan atas apa yang ditulis oleh teman2 nya itu, dan boleh saling tanya jawab. Contoh, ANTO boleh tanya apa sebabnya saya tulis Atraktif. Ini game yang lumayan asyik dan membuat munculnya kreatifitas peserta dalam kosa kata.

7. Melanjutkan Gambar
Masing2 peserta dibagikan kertas HVS yang sudah digambari dengan bulatan/segiempat/segitiga/dll, peserta diminta melanjutkan gambar yang ada dan setelah selesai diminta menjelaskan sebab dia menggambar hal itu.

8. Merangkai Kata
Buat kartu sebanyak 5 kali jumlah peserta dan dimasing2 kartu itu ditulis kata (misalnya : merah, awan, sangkar, monyet, dll). Kartu2 itu kemudian diaduk dan dibagikan 5 pada masing2 peserta, misalnya ada peserta yang dapat kartu yang bertuliskan :
Anak
Hijau
Menangis
Kursi
Pantai
Peserta itu diminta membuat cerita singkat dengan memakai kata2 tersebut.

(Game ini diambil dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s